Sabtu, 08 November 2014

Tren Lip-sync Musisi Indonesia


Hai sodara-sodaraku sebangsa dan setanah air...


Apa diantara kalian ada yang suka musik? Hmm.. Saya rasa semua orang di jagad raya ini enggak ada yang enggak suka musik. Mulai dari musik keroncong sampai dangdut, dari pop sampai metal, dari akustik sampai dugem. Alunan musik bagaikan sebuah sungai yang mengalir indah dikepala kita.


Seperti judul yang udah ngegantung diatas, saya pengen membahas tentang sebuah tren yang sedang menjangkiti semua penyanyi Indonesia sekarang ini yaitu lipsync. Btw, tau lipsync, kan? Itu lho penyanyi yang kalo perform di panggung bibirnya cuma komat-kamit doang, suara vokalnya diganti dengan sound system yang disetel keras keras dibelakang mereka! Kalo tujuannya hanya untuk hiburan seperti video Keong Racun-nya Sinta Jojo atau video India Norman Kamaru sih enggak masalah, tapi kalo buat konser musik??

Seperti yang kita tahu, sekarang ini ada banyak banget penyanyi Indonesia yang ketahuan lipsync diatas panggung. Mulai dari penyanyi solo, grup band, girlband/boyband, dan dari musisi senior maupun junior seakan berlomba untuk menampilkan “kemampuan lipsync” mereka yang boro-boro bagus... ngeliatnya aja udah eneg!


Penyanyi lipsync itu gampang ditebak kok! Jika kamu perhatikan, penyanyi “actor” ini akan ogah mengajak penonton untuk ikut menyanyi, mungkin biar penonton pada enggak tau ya kalo lagu yang didengerin itu cuma hasil rekaman! Selain itu, kalo kamu pintar membaca gerak bibir orang, gerakan bibir mereka enggak sinkron dengan lirik lagu yang dibawakan. Ck..Ck..Ck...


Daftar penyanyi Indonesia yang SUKAK BANGET LIP-SYNC

 

1. JKT48, Cherrybelle, Sm*sh



Kenapa grup musik diatas saya jadikan satu? Karena mereka semua hanya hasil dari jiplakan (kloning) dari grup musik dari Korsel sana. Bahkan JKT48 dijuluki sebagai “Ratu Lipsync” oleh sebuah akun yang saya kenal di Facebook. Enggak heran juga sih karena disetiap kesempatan manggung mereka SELALU LIPSYNC! Cape deeeh...

2. Vierratale


Ada yang bilang suaranya Widi Vierra itu cempreng. Saya kurang setuju! Buktinya, grup band ini selalu digandrungi ABG yang emang merasa cocok banget dengan gaya musik mereka. Namun sayang, mungkin karena Widi yang kurang pede dengan kualitas vokalnya sendiri akhirnya memilih jalan lipsync. Huft... 

3. Geisha

 
Kualitas vokal mbak Momo sebenarnya enggak diragukan lagi. Sendu saat menyanyi lagu sedih, agresif saat menyanyikan lagu enerjik. Tapi, entah karena alasan apa hampir disetiap kesempatan, mbak Momo dan personelnya terlihat “bersandiwara” dengan berpura-pura nyanyi sambil mulutnya komat-kamit. Ups, maaf ya mbak Momo... *keceplosan*

4. Aura Kasih

 

Body sih okee... Tapi bodynya mbak Aura Kasih enggak dibarengi dengan kualitas vokalnya yang apik. Di acara Dasyat, Inbox, dan live event lainnya, Aura Kasih tampak SELALU lipsync. Apalagi denger-denger nih, ternyata beberapa lagu Aura Kasih itu adalah hasil dari PLAGIAT! Naudzubillah min zallik...

5. ... (Isi sendiri deh!)

Bukannya bermaksud mendeskreditkan mereka semua lo, Vierra dan Geisha juga sedikit dari banyak grup musik favorit saya, tapi terpaksa kedua band ini saya masukan kedalam daftar hitam diatas.


Ini penyanyi atau pemain sandiwara?

Yap, tepat banget pertanyaan itu! Saya yakin semua penikmat musik pasti akan menanyakan hal yang sama karena tiap kali kita nonton acara musik, mereka seperti cuma cuap-cuap doang sambil bergaya mondar-mandir diatas panggung dengan wajah tanpa dosa! Djah, gitu aja mah nenek-nenek salto juga bisa...

Inilah gambaran dari musik Indonesia sekarang ini sob... 


Bagaimana musik Indonesia bisa maju coba? Kalo semua panggung di Indonesia, dari desa ke kota, diisi dengan penyanyi yang hanya mengumbar tampang dan dengan cueknya ber-lipsync-ria. Kasian kan buat para remaja yang rela menyisihkan uang jajan selama berbulan-bulan untuk beli tiket konser. Eh! Ternyata grup musik idola mereka cuma “bersandiwara” diatas panggung!! Pasti mereka pulang dengan kecewa dan berpikir ulang untuk meneruskan meng-idolakan mereka lagi.


Dari kacamata musisi dan seniman, lipsync itu adalah sebuah “pembodohan” dan “kebohongan publik” yang amat fatal. Disini peran penikmat musik, yaitu kamu! harus lebih peka dalam memilih mana penyanyi yang harus dipuja dan mana penyanyi yang harus dihujat. Alangkah lebih baiknya juga, sang penyanyi mengasah diri dan tampil secara live event tanpa yang namanya LIPSYNC. Dipanggung si penyanyi atau grup musik akan kelihatan aslinya, kalau bagus ya bagus, kalau busuk ya busuk!


Tapi gais, jangan langsung mencap semua musisi indonesia itu tukang lipsync, ada juga lo grup band yang menolak untuk tampil lipsync diatas panggung.

Daftar penyanyi Indonesia yang ENGGAK SUKA Lip-sync


1. Peterpan (sekarang Noah)


Pahit manis sudah dijalani grup band yang satu ini, mulai dari bongkar pasang personel hingga sang vokalis yang sempat di-bui. Tapi, sekarang (dan dari dulu) Noah enggak pernah tuh yang namanya lipsync. Ariel juga rela nyanyi sampai ngos-ngosan demi memuaskan para penggemar mereka. Selain itu, sisa personel mereka juga masih tetap kompak dan terus berkarya hingga sekarang.

2. Nidji


Nidji biasanya tampil acoustic dan tak jarang mereka mengimprovisasikan musik mereka sendiri sehingga berbeda dengan lagu yang ada di album. Semua itu didukung dengan aksi enerjik yang ditampilkan Giring diatas panggung, hingga membuat para penonton ikut berjingkrak-jingkrak.

3. Padi


Walaupun (katanya) udah bubar, saya tetap salut dengan grup band ini sampai sekarang karena mereka secara terang-terangan menolak untuk lipsync dalam setiap kesempatan manggung. “kayak orang DONGO”, kata Piyu dalam sebuah wawancara. 

4. Sheila On 7


Bukan berarti saya seorang Sheilagank jadi saya memasukkannya ke dalam daftar ini, tapi Sheila On 7 memang grup band yang pantas untuk diidolakan karena mereka tak pernah lipsync. Bahkan mereka juga tidak terlalu mendewakan sebuah RBT dari karya mereka. 

5. .... (Menurut kamu siapa lagi?)

Wow, salut empat jempol deh untuk mereka semua yang tak “menipu” para penonton dan fans-nya. Tidak hanya bermodalkan tampang tetapi kualitas bermusik juga ikut ditingkatkan. Masih ada beberapa grup band lain yang menolak untuk lipsync di panggung tapi empat band diatas bagi saya sudah cukup untuk mewakilinya. Mungkin bagi mereka bermusik bukan hanya sebagai ajang nyari duit dan ketenaran, tapi sebuah kesempatan langka dimana hasil karya seni mereka didengar dan diapresiasi oleh orang lain

Untuk penyanyi yang doyan lypsinc, band diatas harus dijadikan teladan tuh!

Dan untuk grup musik atau penyanyi pendatang baru nih, kalo udah punya nama, jauhi deh yang namanya lipsync. Selain enggak bagus untuk perkembangan dan eksistensi band kamu, para pemerhati musik dan khususnya penonton akan sulit mencerna keseriusan kamu dalam mengguluti dunia musik. Enggak heran kalo zaman sekarang banyak penyanyi/grup musik yang hanya numpang lewat doang! Lagian, baru pertama kali perform udah lipsync, apalagi kalo udah terkenal?? Penonton sekarang udah cerdas brooh... 

Betapapun mengecewakannya musik Indonesia sekarang, saya tetap bangga dengan musisi dalam negeri yang tetap berkiprah dan mewarnai indahnya dunia musik tanah air. Mereka yang bertahan adalah para musisi sejati yang akan tetap dikenang bak pahlawan karena sudah berhasil menghibur atas semua karya jenius mereka.
 
Maju terus musik Indonesia...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar